Pendicitrawarga's Blog
Blog Es Campur

Serial Hari Muter Bukan Harry Potter (3/Tamat)

Bobotoh Juga Tahueun 

By Fendy Sy. Citrawarga

“MASAK udah ditagih? Kalo ngutang cuma beberapa detik mah bukan ngutang tapi kutang, eh kontan atuh Mang!” Semprot Hari Muter.
“Suka-suka Mamang. Cingcau-cingcau Mamang, yang ngomong mulut Mamang!”
Alhasil, gara-gara tak beruang,  Harmut makin keder. Kalau saja ada uang, pastilah informasi dari si mamang cingcau sudah didapat. “Beginilah nasib detektif modal dengkul!” Gumam Harmut.
Meski  begitu, yang punya lakon  kita ini  tak putus asa. Bagi Harmut, lebih baik putus cinta dari pacar  –yang goreng patut tentunya da kalau  pacarnya  secaem  Luna Maya mah jelas  lebar– daripada putus asa. Makanya, meski tahu dompetnya lepet masih juga dipelototin. Mujur, masih tersisa fulus nominal seribu perak. Keruan Harmut teramat girang.
 “Nih, gua bayar!” ujar Harmut sembari nyodorkeun uang kepada si mamang cingcau. “Kembaliannya ambil saja!” tambah Hari.
“Dasar anak kere. Segelas cingcau harganya dua ribu. Ngasih duit cuma seribu, boro-boro ada kembalian, malah kurang. Belum lagi bunga pinjamannya 5 persen!” tukas si mamang  membuat Harmut kian  kesal.
“Di mana-mana juga cingcau mah segelasnya cuma lima ratus perak!  Jadi kembaliin lima ratus perak, syukur-syukur kembaliannya ceban!”  tutur Harmut.
“Mana ada cingcau segelas lima ratus. Itu mah harga jaman orde miskin,  kini udah orde  melarat, harga-harga udah naik, cepet  bayar kalo mau tahu siapa  pengebom Marriot!”
Harmut tak menyahut. Sejenak ia menjauh, lalu ngontak sang bos di istana.
 “Halo, Bos. Informasi udah di tangan, tapi dia masih bungkam. Apa yang bisa saya minta dari Bos, apakah minta dinaikkan gaji atau tambahan bonus, eh maaf maksud saya teh apa yang harus dilakukan?” tanya Harmut pada bosnya, John  Onyon di Istana The Geng’s for Adem Ayem.
“Beloon lu Hari! Untuk apa gue ngutus elo kalo elo tak bisa atasi masalah sendiri? Apa sih masalahnya?”
“Dia minta uang  seribu perak, Bos!”
“Cuma seribu perak?”
“Yes, Bos, kagak kurang kagak lebih.”
“Lalu, kenapa you tidak  kasih? Malu-maluin lu! Jadi detektif, jadi intel, jadi aparat keamanan, harus bonafide, kudu banyak duit. You tahu Har, gara-gara anggaran keamanan berkurang, banyak pesawat  yang jatuh dengan memakan korban prajurit terbaik. Teror dan peledakan bom kembali marak. Yang bener tuh nangkapin  tikus-tikus koruptor si jahat rampok duit rakyat  itu, lalu duitnya minta kembali  untuk anggaran keamanan  yang memadai  biar rakyat aman, nyaman end tenang!” Bos Onyon  ceramahi Hari panjang lebar.
“Bos, Bos, eling Bos. Hati-hati kalau ngomong jangan di atas rel kereta api entar ketabrak tahu rasa lo. Kalau saya punya duit kagak bakal sowan ama elu Bos. Khan Bos nyaho  saya bertugas tanpa dikasih duit? Siapa yang salah hayoh?”
“O, iya. Saya lupa, maklum Bos banyak urusan. Pokoke Har, jangan patah semangat. Cari akal. Lu anak muda Indonesia, harus bangkit,  apalagi cuma uang seribu perak. Ayo cari dulu!” Klik, hubungan via HP terhenti.
“Gelo!” hardik Harmut. Maksud hati minta duit, malah dimaki-maki. Ia kembali mengernyitkan dahi, berpikir keras bagaimana caranya agar si mamang buka  mulut.
“Ayo  Mang kasih tahu, kan sudah bayar?”
“Baiklah Mamang akan buka kartu, namun karena sanak baru bayar utang setengah, mamang pun hanya akan memberi tahu pengebom setengahnya. Jika dilunasi mah pasti diberikan seluruhnya. Okay? Yang pasti, yang  tahu pengebom J.W. Marriot bukan hanya mamang,  anak-anak bobotoh juga tahueun,” tukas si mamang cingcau. Tentu saja, informasi itu amat berharga bagi Harmut, paling tidak, titik terang sudah tampak.
“Siapa Mang bobotoh teh?”
“Itu barudak pendukung  Persib Maung Bandung.”
“Betul Mang? Di mana mereka?”
“Sing sumpah betul. Mereka mah ada di mana-mana. Pokoknya, setiap Persib main, stadion pasti sesak.  Pokoknya jangan bingung cari bobotoh.  Jika Encep lihat anak-anak di Bandung itulah bobotoh. Mamang heran mengapa Persib hampir-hampir nyaris takkan ikutan LSI  musim depan gara-gara tak boga duit padahal bobotohnya pabalatak!”
“Kalo gitu, permisi Mang. Sekarang saya akan temui bobotoh Persib untuk menanyakan siapa yang mengebom J.W. Marriot. Daaa….h Mang!”  Secepat kilat Harmut lari.
“Hei Jang, urusan utang  bagaimana?”
“Kalem Mang, nanti dibayar kalo pengebom J.W. Marriot udah diketahui bungkeuleukannya. Kini, masih misterius!” Ujar Harmut, lalu mengayun langkah seribu.
Harmut mengayun langkah. Benar juga ketika mengadakan investigasi, nyaris setiap orang mengaku bobotoh Persib, terutama para young.
“De, De, tahu kagak yang ngebom Marriot?” Bisik Harmut pada seorang budak yang  ngaku bobotoh Persib.
“Emangnya elo kagak tahu? Tampang aja model detektif mabuk!” ejek si anak.
“Ya siapa?”
“Baca koran, lihat TV, teroris udah abis.”
“Ya, siapa?”
“Manusia, tolol!” bentak si bobotoh lalu lari. Saat itu juga Harmut ngontak sang bos memberi tahu bahwa pengebom Hotel J.W.  Marriot adalah manusia bukan katak.
“Manusia itu banyak monyong!  Sebutkan siapa namanya!” John Onyon murka banget.
“Kagak tahu Bos!”
“Elo gua pecat jadi detektif. Elo kalah ama pasukan Densus, mereka telah berhasil habisi teroris tahu?!”
“Siapa Bos para terorisnya kok kagak beja-beja ama anak buah?”
“Manusia, bukan katak! Hahahaaaaa…..” timpal bos Harmut. (Tamat/semoga cerita tragis ulah teroris berakhir di negeri ini iya kan? Selamat Idulfitri 1430 Hijriah, taqabbalallaahu minna waminkum, mohon maaf lahir batin)***   

 

Belum Ada Tanggapan to “Serial Hari Muter Bukan Harry Potter (3/Tamat)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: